Jika membicarakan kompetisi balap motor paling bergengsi didunia pastinya akan menyebut Super Bike dan MotoGP. Kedua kompetisi ini memang menjadi yang paling banyak dilihat oleh masyarakat dunia karena aksi yang menakjukkan. Namun pernahkah kamu akan perbedaan motogp dan SBK yang ada saat ini.

Mungkin kamu akan mengetahuinya hanya semata Sirkuit yang digunakan atau hanya kelas dari balapan. Karena SBK hanya ada 2 kelas yaitu Super Sport dan Super Bike, sementara MotoGP ada tiga kelas yaitu Moto 3, Moto 2 dan kelas utama MotoGP.

MotoGP dan SBK Pakai Mesin Bertenaga Sama – Perbedaan MotoGP dan SBK

Namun dalam kesamaan mungkin hanya dalam kekuatan dari motor itu saja karena keduanya memang menggunakan motor 1000cc.

Dan bahkan kadang SBK sendiri memang berada satu level dibawah MotoGP, karena memang pembalap MotoGP yang sudah berumur akan langsug turun ke SBK.

Tetapi itu yang sama, namun untuk perbedaan yang ada berikut diantaranya.

Jenis Motor – Perbedaan MotoGP dan SBK

Perbedaan MotoGP dan SBK yang Belum Diketahui 1

Setelah dijelaskan memang kekuatan dari motor yang ada di dua kompetisi itu memiliki kesamaan. Hanya saja dalam balapan Super Bike itu merupakan motor yang memang dipreduksi masal.

Misal mereka menggunakan merk Yamaha dan diajang SBK mereka menggunakana Yamaha YZF R1, yang memang sudah diproduksi masal.

Namun jika didalam balapan MotoGP dipastikan itu merupakan motor Prototype, misal menggunakan Brand yang sama namun jenisnya berbeda yaitu YZF M1.

Untuk masalah kecepatan tentunya masih unggul MotoGP jika dibanding SBK, bahkan dalam hal responsif hingga kendali motor.

Kalender Balapan – Perbedaan MotoGP dan SBK

Ini menjadi perbedaan yang paling umum antara kedua komoetisi terakbar kendaraan roda dua di dunia yaitu akan kalender dari balap itu sendiri.

MotoGP sendiri tercatat akan menjalankan 19 seri balapan dalam satu musimnya, yang akan adanya tahapan Sesi Latihan, kualifikasi hingga Race.

Sementara untuk SBK sendiri hanya 13 seri balapan saja dalam satu musim, hanya saja satu seri balapan di SBK dijalankan 2 kali yang hanya berselang satu hari saja.

Spare Part – Perbedaan MotoGP dan SBK

Perbedaan MotoGP dan SBK yang Belum Diketahui 3

Untuk yang satu ini pastinya berbeda dong, karena memang jenis motor MotoGP menggunakan Prototype, sedangkan SBK pakai motor produksi masal.

Dari semua Sparepart yang paling menonjol digunakan pada bagian rem motor. Yang pada MotoGP menggunakan rem dengan bahan dasar karbon yang dikenal sangat kuat akan daya cengkramnya.

Sementara untuk World Superbike hanya menggunakan motor dengan bahan dasar baja, yang memang standar dari motor produksi masal.

Penggunaan Ban – Perbedaan MotoGP dan SBK

Perbedaan MotoGP dan SBK yang Belum Diketahui 2

Pastinya kamu semua menyangka bahwa ban yang digunakan sama bukan. Karena memang kamu hanya mengetahui dari pabrikan antara Michelin, Bridgestone, Dunlop atau bahkan Pirelli.

Memang benar sama, namun hanya saja pemasok ban yang dibagi. Karena pada ajang SBK dipastikan akan selalu menggunakan ban dari Brand Pirelli.

Sementara untuk MotoGP sendiri menggunakan dua pabrikan yaitu Michelin dan Dunlop.

Stok Motor

Ini sendiri merupakan salah satu aturan dari kedua kompetisi akan berapa banyak motor yang bisa digunakan dalam satu musimnya.

Namun bukan itu yang akan dibahas akan perbedaanya, karena memang khusus hanya dalam satu seri balapan saja.

Jadi pada balapan MotoGP sendiri disediakan setidaknya 2 motor dalam satu seri balapan. Hal ini dilakukan hanya semata akan kondisi saat balapan saja, namun jika untuk terjatuh dari balapan tetap saja akan DNF.

Sementara untuk SBK sendiri hanya disediakan satu motor saja. Namun saat balapan berlangsung dan jatuh disesi pertama tapi motor masih bisa menyala. Nantinya di sesi kedua pembalap tersebut bisa kembali ikut hanya saja menggunakan motor yang sama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *